LRT Demi Jalanan Jakarta yang Lebih Baik ?

 

 

Peta LRT

Peta LRT

 

September lalu, Presiden Indonesia, Bapak Joko Widodo telah meresmikan pembangunan light rail transit (LRT).

LRT, atau kereta api ringan, akan dibangun di Jakarta dan menghubungkan Ibu Kota dengan kota-kota satelit seperti Bekasi dan Bogor. LRT merupakan salah satu moda transportasi massal berbasis rel yang ramah lingkungan. Pembangunannya dilakukan secara elevated (melayang) di atas tanah ruang milik jalan tol dan non-tol. Hal tersebut memungkinkan pembebasan lahan seminimal mungkin sekaligus mengoptimalkan lahan yang telah dimiliki oleh pemerintah.

Pemerintah menunjuk PT Adhi Karya Tbk sebagai badan usaha yang akan membangun LRT dengan total biaya sebesar Rp23,8 triliun. Tahap pertama akan dibangun dua rute dengan total panjang 83,6 kilometer. Rute tahap pertama ini antara lain Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang, dan Cawang-Dukuh Atas. Rute ini disambungkan oleh 18 stasiun sepanjang 42,1 kilometer. Tahap yang sudah dimulai ini direncanakan selesai pada 2018.

Peta LRT Jakarta

Peta LRT Jakarta

 

Sedangkan tahap kedua akan melintasi Cibubur-Bogor, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan, dan Palmerah-Grogol dengan panjang 41,5 kilometer. Pengerjaan tahap kedua akan dimulai pada kuartal akhir 2016 dan berakhir 2018.

Jika sudah beroperasi nanti, harga tiket LRT diperkirakan sebesar Rp10.000 hingga Rp15.000. Dengan kecepatan 60-80 kilometer per jam, LRT ini dapat mengangkut 24 ribu penumpang per jam per arah setiap harinya. LRT direncanakan akan beroperasi selama 18 jam dalam sehari yaitu dari pukul 05.30 hingga 23.30 WIB.

 

Peta Rencana Operasi LRT Jakarta

Peta Rencana Operasi LRT Jakarta

 

Di Singapura dan Malaysia, LRT sudah beroperasi sejak beberapa tahun yang lalu. Moda transportasi yang satu ini disukai warga karena waktu kedatangannya lebih cepat sehingga tidak ada penumpang yang menunggu terlalu lama.

Semoga saja LRT Jakarta ini bisa menjadi primadona dan membuat pengguna kendaraan pribadi berpindah hati seperti mimpi-mimpi para petinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *