APAJA V2.0

Apaja - 0 Aplikasi

Apaja, aplikasi angkutan Jakarta yang mulai terbentuk sejak 2013 ini sedang mengembangkan sayapnya. Jika dulu Apaja hanya memberikan informasi angkutan umum dan rute menuju tempat yang diinginkan, kini Apaja sedang meningkatkan performanya melalui mobile site. Proses upgrade ke Apaja v2.0 ini merupakan tahap yang sangat penting karena melibatkan kenyamanan pengguna.

Jika Anda masuk ke apaja.id, Anda akan menemukan fitur navigasi dan report system yang baru dikembangkan belakangan ini. Untuk menggunakan fitur navigasi, pengguna hanya perlu menuliskan tempat tujuan yang diinginkan di bagian “To” atau “Destination”. Anda bisa menuliskan sendiri lokasi tempat Anda berada di kolom “From” atau biasanya akan terdeteksi secara otomatis jika Anda mengaktifkan fitur “Location” di smartphone Anda.

Tampilan homepage Apaja mobile site (kiri: fitur “location” off, kanan: fitur “location” on)

Tampilan homepage Apaja mobile site (kiri: fitur “location” off, kanan: fitur “location” on)

 

Setelah memasukkan tempat yang ingin dituju, pengguna akan diberikan pilihan lokasi dan memilih salah satu tempat yang diinginkan. Lalu, pengguna akan diarahkan ke bagian map yang menunjukkan arah dan jalan yang dilalui.Pada bagian bawah, terdapat tab keterangan jarak dan waktu tempuh hingga ke tempat tujuan. Jika pengguna meng-klik tab tersebut, pengguna akan menemukan informasi lengkap mengenai perjalanan seperti jenis angkutan umum, lama perjalanan, ongkos, hingga halte atau stasiun transit.

Tampilan navigasi Apaja

Tampilan navigasi Apaja (pilihan lokasi tujuan rekomendasi, tampilan full navigation map mobile site, tampilan informasi rute di mobile site)

Seperti tidak ingin berhenti berinovasi, Apaja kemudian merilis report system. Report system ini memungkinkan pengguna untuk melaporkan situasi atau keadaan di halte dan stasiun tempat ia berada saat itu. Sistem ini mampu menjangkau posisi stasiun atau halte hingga 200 meter dari posisi pengguna. Untuk membedakan situasi, Apaja memberikan perbedaan dengan warna, kuning untuk sepi, merah, untuk ramai, dan merah tua untuk penuh. Pengguna dapat menemukan tombol report system ini di bagian pojok kanan bawah saat tampilan full map.

Dengan adanya report system ini, pengguna diajak untuk peduli terhadap sekitarnya karena satu laporan yang diberikan oleh pengguna bisa sangat bermanfaat bagi pengguna lain. Misalnya, seorang pengguna melaporkan satu stasiun dengan status kepadatan merah tua yang artinya penuh. Laporan ini akan masuk ke sistem data Apaja untuk ditampilkan di aplikasi dan sebagai pemberitahuan kepada pengguna lainnya. Dengan demikian, pengguna lain dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pilihan angkutan umum lain menuju tempat tujuannya.

Tampilan tombol lapor

Tampilan tombol lapor

 

Tampilan report system Apaja mobile site Tampilan notifikasi bahwa laporan berhasil diterima

Tampilan report system Apaja mobile site dan notifikasi bahwa laporan berhasil diterima

Apaja akan terus berinovasi untuk memberikan kemudahan bagi pengguna angkutan umum di Jakarta. Selanjutnya, report system tidak hanya melaporkan kepadatan stasiun atau halte, tetapi dapat juga melaporkan kondisi kepadatan jalanan atau hal-hal yang terjadi di dalam angkutan umum lainnya. Semua inovasi yang dilakukan oleh Apaja memang ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya sehingga semakin banyak orang yang menggunakan angkutan umum sebagai alat transportasinya. With Apaja, traveling in Jakarta has never been easier!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *