Kunjungan Proyek MRT

 

Proses pembuatan MRT di Bundaran HI

Kita sering kali merasa tidak nyaman dalam perjalanan karena ada pembangunan Mass Rapid Transportation atau yang lebih terkenal dengan MRT. Pembangunan ini tentu saja membuat kemacetan di beberapa titik di jalanan Jakarta. Proyek tahap I yang dimulai sejak pertengahan 2013 ini diperkirakan akan selesai tahun 2018. Jika dihitung-hitung, proyek ini sudah berjalan selama dua setengah tahun. Sudah berapa banyak kemajuan darri proyek MRT ini? Sudah berapa persen proyek ini selesai? Adakah kemungkinan kemunduran tanggal MRT beroperasi?

Proses pembuatan MRT

Semua orang bertanya-tanya tentang proyek yang banyak menuai puji dan kritik ini. Warga Jakarta seakan sudah jengah dengan macetnya jalanan Jakarta yang semakin menjadi-jadi. Kapan transportasi umum yang katanya menjadi solusi kemacetan ibukota ini akhirnya bisa beroperasi? Berapa lama lagi warga harus menunggu?

Akhirnya, PT. MRT Jakarta menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan dibukanya kunjungan ke lokasi proyek. Informasi yang dihimpun menyatakan bahwa kunjungan ini dibuka setiap Kamis dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Namun, jumlah peserta dibatasi hanya 20 orang mengingat lokasi yang dikunjungi bukanlah taman bermain atau pusat perbelanjaan.

Rombongan mahasiswa Magister Teknik Sipil Undip

Kunjungan pertama datang dari Group Field Work oleh Mahasiswa Magister Teknik Sipil Universitas Diponegoro pada Januari lalu. Kedatangan mereka disambut oleh Direktur Utama PT. MRT Jakarta, Dono Boestami. Acara kunjungan dimulai dari sambutan dan paparan mengenai gambaran umum pembangunan MRT Jakarta. Dilanjutkan dengan paparan teknis mengenai AMDAL dan rencana operasi MRT Jakarta. Kegiatan paling penting dari kunjungan ini adalah site visit di mana para peserta diajak melihat langsung proses pembuatan MRT ke lokasi di Bundaran HI.

Rombongan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Transportasi Darat

Paparan mengenai MRT kepada mahasiswa STTD

Tidak hanya mahasiswa Undip, mahasiswa dari Sekolah Tinggi Transportasi Darat pun diperlakukan sama. Mereka mendapatkan paparan yang cukup mengenai proyek MRT sebelum akhirnya mengunjungi langsung proyek yang banyak ditunggu-tunggu warga Jakarta itu. Dilengkapi perlengkapan keamanan yang sesuai dengan system operation procedure (SOP) mereka belajar mengenai MRT di lokasi proyek dengan excited.

Site visit mahasiswa STTD ke lokasi proyek MRT

Site visit mahasiswa STTD ke lokasi proyek MRT

Dengan adanya kunjungan ini, PT. MRT Jakarta mengajak warga untuk melihat secara langsung proses pembangunan proyek sehingga warga tidak kesal dengan proyek yang terlihat seperti jalan di tempat ini. Kunjungan ini dapat juga dijadikan sebagai bentuk perwujudan transparansi pemerintah kepada warganya, (mungkin saja). Meskipun jelas-jelas PT MRT Jakarta sudah menampilkannya di situs resmi mereka.

Sayangnya, PT MRT Jakarta tidak merilis informasi proses pendaftaran kunjungan ini di situs resminya. Sehingga banyak yang kebingungan dan bertanya, “Gimana caranya?”

Semoga dalam waktu dekat PT MRT Jakarta memberikan informasi lebih detail tentang pendaftaran kunjungan proyek ini sehingga warga Jakarta dapat menghilangkan rasa penasarannya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *